Minggu, 19 Juli 2015

Sebut Saja Pecel Embah

Mungkin Anda yang gemar berkuliner sekitar Jombang sudah tau siapa yang ada difoto dan apa yang ia jual. Sebut saja Pecel embah, soalnya saya sudah cari-cari disekeliling dagangannya gaada tuh nama dari warung embahnya Bukan warung juga sih sebutannya, emperan lebih tepatnya.

Sudah berulang kali saya makan disini, hampir setiap libur sekolah diajak sama bapak. Tapi saya heran karena setiap beli disini "RAME" nya ituloh, ga ketulungan. Lebih herannya lagi buat yang nungguin kok rela nunggu sebegitu lamanya (bicara pada diri sendiri). Umur embah yang ngelayanin mungkin udah sekitar 70an, sedangkan usia pecelnya mungkin udah seusia saya yaitu sekitar 20an. Kata bapak sih udah lama banget jualannya.

Kalau dilihat-lihat komposisi pecel embah ini toh yo podo bae karo pecel liane, sama-sama ada nasinya, sayur-sayuran yang nggak mungkin saya sebutin satu-satu (itu karena saya ga hafal haha), tumpeng,bumbu kacang, peyek. Sami mawon pa,bu, bulek, paklek, om, tante, dkk. Bumbu kacange nggeh sami mawon. Emmm... jadi penasaran, apa hanya lidah saya aja yang merasakan seperti ini.

Mulailah kekepoan saya terangsang, "pak yang ngebedain apasih dari pecel yang lain?" tanya saya kepada bapak yang lagi khusyuk menunggu giliran dilayani. "Itu njah, irisan sayur-sayurannya yang halus, kalau yang lain kan kasar-kasar." "Ohh... gitu ya pak" batin saya. Perasaan saya waktu ngunyah pecel embah biasa aja, entah itu tekstur sayur atau nasinya. Mungkin kelembutan suatu makanan benar-benar sensitif bagi mereka yang sudah keropos gigi-giginya. Ehh..ga bermaksud loh pak hehee :D

Oke, kalau analisis saya sih "Pecel Embah" ini punya nilai histori tersendiri. Dilihat dari tempat jualannya yang istiqomah banget. Disitu-situ aja, dari jaman saya umbelen sampe jadi intelek muda seperti saat ini #tsaahhhh. Selain tempat yang udah sakral banget, ditambah dengan durasi jualan si embah yang udah luama bingit. Bisa-bisa ada judul film baru nih "Tukang Pecel Naik Haji", lah wong pelanggane uakehe. Rasa pecel udah jangan ditanya lagi, bagian ini yang paling penting. Sangking pentingnya, sampai-sampai seorang bapak yang paling ga betah dengan yang namanya "menunggu, mengentre" RELA loh nungguin hampir sejam lamanya demi makan pecel yang hanya sepuluh menit habis dilahapnya.

Pecel Embah ini bisa ditemukan di kota Jombang, untuk jalannya saya ga hafal hehe. Deket dari pasar jombang pokoknyamah. Selamat berkuliner:)

2 komentar:

  1. Pasti rasanya enak nih pecel embah. Aku suka pecel juga, tapi kalo rame sekali ya tetep saja malas kalo disuruh antri. Malasnya itu karena kalo antri kadang banyak yang main serobot, nah buat org yg kalem sepertiku #ehhm nggak bisa banget klo untel2an main serobot, pasti kalah. Antri dikasih nomor atau kalo semua pengunjung antri tertib, itu baru nyaman :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaa... jadi kaya antrian periksa ke dokter nih mak :D Semakin lama mengantri, semakin nikmat makan pecelnyaaa dan semakin cepat pula habisnya! wkwkw

      Hapus

Copyright © 2014 Bingikisan Pengalaman