Senin, 20 Juli 2015

Kepo Nasi Jamblang

"Nasi jamblang" bukan jablay apalagi jamban yaa hahaa.. Kuliah pagi emang udah jadi kebiasaan ue alias anak farmasi, apalagi kalau praktikum udeh  makin puagi deh budal nang kampuse. Dikala praktikum kelas lo kelar terus perut lo udah krucuk krucuk, disaat itulah kewajiban menjamak akhir makan pagi dan siang kudu dilaksanakan secepatnya.

Destinasi kuliner saya dan ke tiga teman farmasi kali ini jatuh pada nasi jamblang. Jaraknya ga terlalu jauh dari kampus tercinta FKIK UIN JKT, mungkin sekitar 200 meter lah kira2. "nasi jamblang tuh yang kaya gimana sih njah?" tanya salah satu teman kepada saya. Soalnya yang ngasih usul untuk beli makan disana itu saya, mungkin dikira saya udah hatam makan panganan ini, padahal belom pernah. "Gatau, aku juga belum pernah makan disana mel."
Sesampainya di lokasi, mata kami berempat langsung tertuju melihat menu apa yang beda dari warung makan ini. Kok sama aja ya menunya kaya warteg2 biasanya pikir saya. Selidik demi selidik ternyata waktu dulu nasi jamblang itu emang ada di warung ini, nasinya itu dibungkus pakai daun jati biar aromanya khas  ujar ibu yang ngelayani kita. Nasi jamblang asalnya dari Cirebon tutur ibu berkerudung biru nan ramah tersebut. Serempak kami menjawab "Ooohhh.. Gitu ya bu." "Iya, tapi sekarang udah nggak lagi." jawab si ibu.
Menu lauk yang tersedia bervarian loh, kalau soal rasa sudah ditebak pasti enak terbukti dari banyaknya pembeli yang mengantri sebelumnya.
Kurang lebih menunya ada tempe bacem, tahu bacem, tempe orek, tongkol balado, ikan kembung bumbu kuning, kikil, rendang, sop, tumis kacang, telor balado, sayur lodeh, ayam goreng, dll. Tempatnya lumayan kece lah buat kumpul-kumpul cantik hehee.
Agak kecewa sih gabisa nyobain nasi berbaju daun jati atau nasi jamblang. Harga daun jati di daerah ciputat mahal kali, atau mungkin pohon jatinya lelah menghasilkan daun hahaa :D

No problem, mungkin saya bisa langsung nyobain dari si empunya nasi jamblang di bumi Cirebon.
N.J.H

2 komentar:

  1. Aku sendiri gak pernah nyobain nasi jamblang, tapi kalo nasi warteg pernah.. Apa beda nya ya mba, nasi warteg dengan lauk banyak seperti nasi jamblang, dengan nasi jamblang sendiri? Mungkin di nasi nya gak pake daun jati hehehe...

    http://beautyasti1.blogspot.com/2015/07/cara-merawat-rambut-rusak-akibat.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu mbak, bedanya nasi jamblang di bajuin pake daun jati. Aromanya khas! (katanya sih) sejujurnya saya juga belum pernah nyobain hehee. Salam kenal mbak Asti :)

      Hapus

Copyright © 2014 Bingikisan Pengalaman